Bisnis Startup di Indonesia Lengkap dan Contoh Semua
Sebenarnya, apa itu Startup? Mungkin senantiasa banyak orang yang belum jelas arti ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan berasal berasal dari Bahasa Inggris yang bermakna tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Menurut Wikipedia, arti startup adalah merujuk terhadap perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini beberapa besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada di di di dalam fase pengembangan dan penelitian untuk beroleh pasar yang tepat.Pengertian startup di atas mungkin lebih terhadap terminologinya, namun menurut aku bisa lebih enteng jikalau arti Startup diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Mulai berkembang akhir tahun 90an sampai tahun 2000, nyatanya arti Startup banyak ‘dikawinkan’ bersama bersama segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang tentang bersama bersama ranah tersebut. Kenapa itu bisa terjadi? Sejarah Singkat Bisnis Startup Kembali lihat ke belakang, ternyata pemakaian arti startup terhadap hal-hal yang tentang bersama bersama teknologi, website, internet, dan lainnya, berjalan sebab arti Startup sendiri menjadi disukai banyak orang secara internasional terhadap masa buble dot-com.
Lalu apa lagi buble dot-com itu? Fenomena buble dot-com adalah kala terhadap periode sesudah itu (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Pada masa itu sedang gencar-gencarnya perusahaan membuka web site site pribadinya. Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan pas itu pula lah, Startup lahir dan berkembang. Namun menurut Ronald Widha berasal berasal dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan bersama bersama teknologi, dunia maya, aplikasi atau product namun bisa juga perihal jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa berdiri sendiri tanpa dukungan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.
Setelah berputar-putar melacak Info perihal Startup lewat dukungan mbah Google, tersedia Info perihal karakteristik berasal berasal dari sebuah perusahaan yang bisa di golongkan sebuah stratup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup sesudah itu diantaranya: Usia perusahaan tidak cukup berasal berasal dari 3 tahunJumlah pegawai tidak cukup berasal berasal dari 20 orang Pendapatan tidak cukup berasal berasal dari $ 100.000/tahun Masih di di di dalam anggota berkembang Umumnya beroperasi di di di dalam bidang teknologiProduk yang dibuat berbentuk aplikasi di di di dalam bentuk digital Biasanya beroperasi lewat web site Dari karakteristik sesudah itu mungkin muncul bahwa stratup lebih cenderung ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang umum dilabeli nama Stratup adalah perusahaan yang perihal bersama bersama bidang teknologi dan online.
Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia Perkembangan usaha Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan. Setiap tahun lebih-lebih masing-masing bulan banyak founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, kala ini ini terdapat setidaknya lebih berasal berasal dari 1500 Startup lokal yang tersedia di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang menjadi lama naik berasal berasal dari tahun ke tahun pasti saja merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.Berdasarkan beberapa riset, terhadap tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia menggapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa kuantitas user internet Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu kekuatan beli penduduk yang meningkat sejalan bersama bersama naiknya pendapatan perkapita penduduk negeri ini turut memengaruhi perkembangan industri digital.
Menurut Rama Mamuaya, CEO dailysocial.net, Startup di Indonesia digolongkan di di di dalam tiga grup yaitu; Startup pencipta game Startup aplikasi edukasi Startup perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Hal ini sebab proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.Dengan berkembangnya area sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan social game menjadi lama besar. Sementara itu untuk aplikasi atau web site site yang bergerak di bidang e-commerce dan informasi, Rama menilai tantangan e-commerce di Indonesia senantiasa cukup besar sebab senantiasa minimnya pemakaian kartu kredit. Namun untuk yang berbau Info atau berita bermacam tema, perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.
Di Indonesia kala ini ini sudah banyak berdiri komunitas founder-founder Startup, diantaranya adalah; Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com) Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com) Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang Dan senantiasa banyak lagi yang lainnya Dengan tersedia komunitas ini pasti saja bisa memudahkan para founder untuk saling sharing, membimbing lebih-lebih untuk menjaring investor. Para founder bisa pula mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan seperti Telkom untuk menjadi investor mereka. Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup adalah tim yang solid, sebab bersama bersama tersedia tim yang solid bisa menghidupkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan eksekusi yang tepat, pasti saja para founder tidak bisa kesusahan menarik minat penduduk maupun melacak investor.
Dalam sebuah wawancara yang dilaksanakan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Molly Nagler (Startup Mentor di Silicon Valley), Molly mengatakan bahwa nyaris seluruh Startup gagal, namun kegagalan itu tidak kudu dipandang sebagai suatu perihal yang negatif sebab senantiasa banyak faktor positif didalamnya. Maksudnya adalah jikalau founder Startup gagal pas lakukan eksekusi maka ia berkesempatan untuk studi suatu perihal yang baru dan pengetahuan baru, seperti rencana trial and error terhadap umumnya.
Startup-Startup lokal yang kini sudah mencetak berhasil di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Semoga Startup lokal Indonesia bisa senantiasa menjadi menjadi dan berkembang supaya bisa merambah pengguna internet internasional seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Semoga :) Sebagai penutup, sesudah itu ini sebuah video wawancara singkat bersama bersama CEO Urbanesia perihal perkembangan Startupnya di Indonesia.